REVIEW: AIRNDERM Serum Spot Lightening & Aqua Drop Moisturizing Gel

by - Wednesday, July 03, 2019

Gak terasa udah lama gak update blog ini. Karena bulan kemarin urusan lumayan banyak. Dari mudik ke Palembang, lebaran, pulangnya langsung ke Surabaya, berasa pulang kampung dua kali. Nah serum yang kemarin saya bawa di mudik tahun ini adalah serum spot lightening cream dari Airin Bauty Care. 

Sebelumnya saya suka banget sama Radiant Serum mereka, berhasil ngilangin bekas jerawat saya kurang lebih 2 minggu, bisa baca review-nya disini

Tentang Airin Beauty Care 

Airnderm adalah merk skincare keluaran klinik kecantikan AIRIN SKIN CLINIC. Merek lainnya seperti Airin Beauty Care, Airin For Men dan Airin Cosmetics. Produk mereka semua sudah mendapatkan sertifikasi Badan POM, serta kehalalan produk kepada MUI. Dengan prinsip utama yaitu: "Kulit Cantik itu Tidak Identik dengan Kulit Putih Namun Kulit Yang Sehat dan Terawat Menjadikan Kulit menjadi Putih Sehat Alami" . 

Tujuan utama perawatan kulit adalah menyehatkan kulit bukan memutihkan kulit. Kulit yang sehat menghasilkan kulit yang cerah dan putih alami. Dengan hasil merawat kulit yang baik dan aman akan menghasilkan kulit yang sehat dan terawat tanpa membuat ketergantungan. Hal itu perlu ditunjang dengan serangkaian produk kosmetik dan kosmedik yang tepat serta dalam pengobatan yang rasional dan aman. 

Disclaimer: This post is part of the Airin Beauty Care sponsored program. Products provided for review purpose. I received compensation as a thank you for my participation. However all my opinion based on my experience and were not influenced by the brand.

Airnderm Serum Spot Lightening 15ml 
Harga: Rp 107.500 
Serum dengan kandungan bahan aktif whitening terbaru yaitu asam traneksamat bekerja membantu mencerahkan kulit, memudarkan flek atau bekas jerawat yang membandel, meratakan warna kulit yang tidak merata dan melembabkan kulit.

Ingredients: Water, butylene glycol, niacinamide, tranexamic acid, betaine, propylene glycol,  inositol, panthenol, arginine, dipotassium glycyrrhizate, acrylates/C10-3- alkyl acrylate crosspolymer, phenoxyethanol, aloe barbadensis leaf extract, PEG- 240/HDI Copolymer Bis-Decyltetradeceth-20-Ether, allantoin, methylparaben, disodium EDTA, allum cepa bulb extract, butylparaben, ethylparaben, propylparaben, potassium laurate, tocopherol.

Ingredients
ingredient list Airndrem Spot Serum Lightening
1. niacinamide 
Dikenal dengan nama lain Vitamin B3, adalag antioksidan yang memiliki sifat antimicrobial dan anti-inflamasi, membantu regulasi sebum, meminimalkan tampilan pori-pori dan memudarkan hiperpigmentasi. Sayangnya tidak ada keterangan berapa persentasenya.

2. tranexamic acid 
Dapat memudarkan hiperpigmentasi, bekas jerawat, serta melasma karena kemampuannya yang dapat menghambat produksi melanin pada kulit. 

3. Betaine 
memberikan manfaat seperti peningkatan hidrasi, perlindungan kulit, peningkatan kekuatan dan kehalusan rambut, dan peningkatan tekstur formulasi.

4. Panthenol
Membantu penyembuhan luka, membantu mengembalikan epitel yang rusak, mengurangi gatal dan peradangan, meningkatkan hidrasi kulit, mengurangi kehilangan air transepidermal (TEWL), melembutkan kulit, dll.

5. Arginine
asam amino yang digunakan untuk melindungi kulit dari radikal bebas, meningkatkan hidrasi kulit, dan meningkatkan produksi kolagen.

6. aloe barbadensis leaf extract
dapat menenangkan kulit dan berfungsi sebagai anti-inflamasi. mampu melindungi kulit  dari kerusakan akibat radikal bebas. membantu mengikat kelembaban ke dalam kulit

7. allum cepa bulb extract
meningkatkan penyembuhan bekas luka, memiliki aktivitas antibakteri dan antijamur, dapat membantu mengurangi jerawat dan merangsang pertumbuhan rambut.

Packaging, Texture, Feeling
Tekstur Airndrem Spot Serum Lightening
Packagingnya dari plastik bening sehingga dapat melihat sisa isi produknya. Ukurannya juga ramping dan kecil sehingga travel friendly. Saya suka aplikatornya berbentuk pump. Pump-nya juga smooth dan gak macet untuk mengontrol jumlah produk yang ingin dikeluarkan. Teksturnya gel bening, tidak ada wanginya. Biasanya saya pakai 2 pump masing-masing pagi dan malam.

Saat dioles ke kulit cepat menyerap dan agak lengket. Tidak ada reaksi negatif seperti heating sensation ataupun cekit-cekit. Kalau pakai serum ini aja sudah cukup menghidrasi jadi saya tidak perlu pakai serum lain atau essence lagi setelahnya.
Pemakaian Airndrem Spot Serum Lightening selama sebulan
Selama kira-kira sebulan pakai, tidak ada efek negatif, tapi gak begitu memudarkan membekas jerawat juga. begitu juga dengan flek hitam di sekitar mata, gak terlalu ngefek. Mungkin masih kurang lama pakainya. Kalau di kulit saya masih lebih cepat pudar pakai vitamin C dan AHA. 


Airnderm Aqua Drop Moisturizing Gel 15ml 

Harga: Rp 100.000 
Airnderm Aqua Drop Moisturizing Gel adalah inovasi moisturizer hasil kombinasi antara Base Water dengan Esther Oil (Emolient). Mengandung bahan aktif seperti Capryryl Methicone (zat yang melembabkan dan melindungi kulit dari dehidrasi), Salvia Scalarea Ekstrak (antiaging , sekaligus antiacne dan antiinflamasi), Aloe Barbadensis Leaf Ekstrak (melembabkan kulit dan meningkatkan kesehatan kulit), dan Saccaride Isomerate (bahan pengikat Air dan Emolien mengandung Karbohidrat untuk meningkatkan kesehatan dan kelembaban kulit). 

Ingredients: Water, Capryryl Methicone, propanediol, glycerin, Salvia Scalarea extract, sodium benzoate, potassium sorbate, propylene glycol, cyclopentasiloxane, dimethicone crosspolymer, cyclotetrasiloxane, saccharide isomerate, alcohol, PEG/PPG-19/19 dimethicone, PPG-26-Buteth-26, PEG 40 Hydrogenated Castor Oil, menthyl lactate, Bis-PEG-18 Methyl Ether Dimethyl Silane, farnesol, linalool, disodium EDTA, Aloe Barbadensis Leaf Ekstrak, phenoxyethanol, ethylhexylglycerin.

Ingredients
ingredient list Airnderm Aqua Drop Moisturizing Gel

1. Silicone 
memberikan perasaan yang halus, lembut di kulit dan secara temporer mengurangi penampilan garis-garis halus dan kerutan. cth: Capryryl Methicone, cyclopentasiloxane, dimethicone crosspolymer, cyclotetrasiloxane

2. Salvia Scalarea extract

Berbeda dari daun sage biasa, Clary sage ini kaya akan antioksidan, vitamin E, lutein dan carotenoid yang datang dari bijinya. Memiliki kemampuan astringent dan antibacterial.

3. saccharide isomerate

berasal dari D-glukosa gandum. Komposisinya sangat mirip dengan kompleks karbohidrat pelembab yang secara alami ditemukan di stratum korneum kulit manusia, membuatnya menjadi zat yang dapat mengikat air dan emolient yang baik

4. Aloe Barbadensis Leaf Ekstrak

dapat menenangkan kulit dan berfungsi sebagai anti-inflamasi. mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. membantu mengikat kelembaban ke dalam kulit

Packaging
Sama seperti dua serum sebelumnya yang sudah saya review, packang-nya botol plastik bening berukuran 15ml, sehingga bisa lihat sisa isi produknya. Aplikatornya berbentuk pump jadi mudah untuk mengontrol jumlah produk yang ingin dipakai. Untuk ukuran segini agak terlalu besar ya kalau masuk pouch make up, saya bakal lebih senang kalau packaging-nya diganti tube jadi lebih travel friendly.

Untuk sebuah ukuran pelembab, 15ml ini sangat sedikit dibanding pelembab saya yang lain ukuran 50ml sampai 100ml. Awalnya saya kira ini travel size, ternyata fullsize. Mungkin disesuaikan sama orang Indonesia yang belum terbiasa memakai pelembab. 

Texture, Feeling
Tekstur Airnderm Aqua Drop Moisturizing Gel
Teksturnya gel padat berwarna putih keabuan. Karena mengandung silicone dalam jumlah yang tinggi, terasa licin saat dioleskan, spreadability-nya cukup tinggi. Finish-nya halus dan lembut. Uniknya saat dioleskan, gel tersebut berubah menjadi butiran air, dikarena inovasi terbaru dari hasil kombinasi antara Base Water dengan Esther Oil (Emolient). Jadi, cepat menyerap dan terasa sangat ringan dikulit.

Walaupun mengandung alcohol saya tidak merasa makin dehidrasi, cuma memang rasanya kurang lembab saja di tipe kulit saya. Pelembab in juga mengandung menthyl lactate, derivat dari menthol, tapi saya tidak merasakan cooling sensation.
Skin oil-moisture test pemakaian Airnderm Aqua Drop Moisturizing Gel
Saya butuh beberapa pump untuk seluruh muka, yang ternyata cukup boros. Untuk ukuran 15 ml ini gak cukup. Tidak ada efek negatif seperti jerawat ataupun break out, hanya saja beberapa kali saya sempat mengalami pilling (produk berubah jadi daki) ketika memakai produk ini di-layer dengan face oil.

Aqua Drop Moisturizing Gel ini saya rekomendasikan untuk kulit berminyak dan berjerawat, karena terasa ringan dan tidak menyumbat pori-pori. Untuk tipe kulit  yang lebih condong ke kering seperti saya, dapat saya gunakan sebagai pelembab pagi, kalau untuk malam hari kurang lembab. 

Kesimpulan

Dari tiga produk Airnderm di atas, saya paling suka Radiant Serum. Karena benar-benar terbukti menghilangkan bekas jerawat saya. Review-nya bisa baca disini. Untuk Serum Spot Lightening, sepertinya saya harus pakai lebih lama lagi. Sedangkan untuk Aqua Drop Moisturizing Gel bakal lebih cocok untuk kulit berminyak. 

Oya saya sarankan, sebelum membeli produk Airin Beauty Care, kalian bisa konsultasi dahulu via WA, line atau BBM. Kontaknya bisa kalian lihat di brand website di bawah ini.

Brand Website: Instagram / Website
Where to buy: Airin Klinik Pusat / Distributor resmi


You May Also Like

1 comments